Pengertian Monitor

Pengertian MonitorMonitor adalah/ Monitor yaitu/ Monitor merupakan/ arti Monitor/ yang dimaksud Monitor/ definisi Monitor

Apa yang dimaksud dengan Monitor? Monitor merupakan alat atau perangakat keluaran (output pada komputer). Menitor adalah alat atau perangkat untuk menampilkan gambar/hasil dari pemrosesan data. Gambar yang ditampilkan pada monitor berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card. Menurut teknologi yang digunakan monitor dibedakan menjadi 2 macam  yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display) 
Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRTatau yang disebut dengan Tabung CRT adalah monitor yang bentuk dan ukurannya besar seperti televisi, monitor CRC ini menggunakan tabung gelas yang layarnya berbentuk cembung, selain layar yang berbentuk cembung monitor CRT ada juga layar yang berbentuk datar (flat). CRC bekerja dengan cara menggerakan sorotan elektron secara maju mundur dibalik layar. Di setiap sorotan itu mengenai titik fosfor yang ada di tabung gelas monitor dan selanjutnya menerangi begitu banyak garis dari atas hingga bawah layar sehingga gambar dimunculkan. Monitor CRT memberikan warna yang lebih kaya dalam spektrum penuh dibandingkan monitor LCD. Oleh sebab  itu, para pendesain grafis lebih memilih moniitor CRT karena langsung bisa membandingkan warna di monitor dengan yang akan dicetak. Namun, pada Monitor jenis CRC ini daya listriknya lebih besar jika di bandin dengan LCD.

Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
 
Jika dibandingkan dengan monitor CRC, monitor LCD memiliki bentuk yang ringan, ramping, dan tipis sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk meletakannya. Selain hal itu monitor LCD lebih menghemat daya listrik jika dibandingkan dengan monitor CRT. LCDbanyak ditemukan pada dan layar laptop, handphone dan jam digital. LCD adalah  jenis monitor yang menggunakan dua lembar materi terpolarisasi dengan kristal cair yang berada di tengahnya. Pada saat arus listrik mengalir melewati cairan kristal, kristal itu bergabung sehingga cahaya tidak masuk. Oleh sebab itu, kristal berfungsi seperti katup yang mengizinkan cahaya masuk atau diblokir.
Demikian penjelasan mengenai Pengertian Monitor yang saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog Temukan Pengertian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Monitor